Pages

Kamis, 24 Januari 2013

Gua yang Paling dicari di Indonesia

 
goa Indonesia merupakan Negara kepulauan dengan koleksi lengkap keindahan baik alami maupun perpaduan alami dengan hasil karya manusia. Salah satu tempat wisata yang paling banyak dicari adalah gua/goa. Gua bisa berupa hasil prose salami atau buatan manusia. Percaya atau tidak, sangat banyak orang Indonesia yang menjadikan gua sebagai tempat special, baik itu untuk wisata, petualangan, syuting film, hingga takhayul yang dilarang oleh agama.
Tahukah anda gua mana saja yang membuat orang penasaran. Jika melihat data pencarian di mesin pencari Google, setidaknya ada sebelas nama goa yang paling dicari. Jika memasukkan pencari gua tanpa melalui jasa mesin pencari, boleh jadi datanya sedikit berbeda.
Berikut adalah daftar gua/goa yang paling dicari selama tahun 2012 berdasar data mesin pencari Google
Gua Pindul. Goa Pindul merupakan obyek wisata baru yang terletak di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Secara resmi, gua pindul dibuka sebaga tempat wisata untuk umum pada tahun 2010. Sebelum dieksplor lebih dalam, dulunya gua ini menjadi saluran tempat buang hajat dan sampah. Gua Pindul adalah sungai bawah tanah dan untuk menelusuri gua ini anda harus menaiki ban karet. Wisata ini lazim dikenal dengan nama cave tubing.

Gua Maria. Goa Maria sebenarnya bukanlah tempat wisata untuk umum karena sebenarnya goa Maria dalah salah satu tujuan ziarah uamt Kristen/katolik. Gua Maria bukanlah merupakan gua alami tetapi gua buatan manusia dan tidak hanya ada satu di Indonesia. Ada banyak banyak Gua Maria di Indonesia.
Gua Hantu. Nama Gua Hantu terdengar seram bukan? Hantu memang identik dengan hal-hal takhayul yang menakutkan. Jika anda ngotot ingin pergi ke gua ini, sebaiknya urungkan saja niat anda karena nama gua ini adanya hanya di kisah fiktif tentang kisah heroic seorang Barda Mandrawata yang dijuluki sebagai Si Buta dari Goa Hantu.
Gua Hira. Gua Hira menjadi nama goa yang paling dicari Indonesia bukan karena lokasinya di Indonesia. Goa Hira sendiri berlokasi di Arab tepatnya di kota Mekah. Gua Hira adalah tempat dimana Nabi Muhammad SAW pertama kali menerima wahyu kenabian. Mengingat banyak jamaah haji atau umrah dari Indonesia maka tidak heran jika banyak yang mencari panduan untuk berkunjung ke Goa Hira
Gua Gunungkidul. Gua Gunungkidul sama halnya dengan Goa Hantu. Hanya bedanya, biasanya nama ini dituliskan oleh orang yang tidak tahu secara spesifik gua apa yang dicari. Harap dicatat, Gunungkidul dengan lanskap alam banyal berupa pegunungan karst, tidak heran banyak ditemukan Gua di Gunungkidul diantaranya Gua Jomblang, Gua Pindul, Gua Rancang Kencana, dan masih banyak lagi.
Gua Jepang. Goa Jepang bukanlah gua alami karena proses alam melainkan gua yang dibangun oleh Jepang ketika menjajah Indonesia. Biasanya Gua Jepang berdekatan dengan Gua Belanda atau juga bekas gua Belanda. Hal ini karena penjajah Jepang dating setelah penjajah belanda. Gua Jepang atau Gua Belanda biasanya digunakan sebagai gudang atau penjara/tahanan rahasia. Di Indonesia sendiri ada banyak jumlahnya. Gua Jepang yang banyak dicari adalah yang ada di Hutan Juanda Bandung dan Manado.
Goa Gong. Gua Gong adalah gua alami yang ada sungai bawah tanah di dalamnya. Nama Gua Gong sendiri diambil dari fenomena alam unik yang ada. Salah satu batu stalagtit di dalam gua jika dipukul mengeluarkan bunyi mirip gamelan gong. Tidak jauh dari gua gong ada gua tabuhan dan batunya bisa ditabuh layaknya kendang. Di Gua Tabuhan biasanya ada pertunjukan campursari yang memadukan gamelan, batu gua, dan suara manusia.
Goa Jomblang. Gua Jomblang menemani Gua Pindul menjadi obyek wisata eksotik di Gunungkidul. Tempat ini pernah menjadi lokasi syuting Amazing Race Amerika. Gua ini cocok untuk bertualang karena konturnya vertical. Wisatawan harus turun menggunakan teknik rapling untuk menuruni gua hingga dasarnya. Di dasar gua terdapat hutan purba yang eksotik.
Goa Jatijajar. Gua Jatijajat sudah sangat popular di Jawa Tengah tepatnya berada di desa Jatijajar, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen. Gua ini sudah dibuka sebagai tempat wisata sejak tahun 1975. Awalnya gua ini masih tertutup tanah. Ditemukan secara tidak sengaja oleh bapak Jayamenawi yang saat itu terperosok dari tanah garapan yang berada tepat di goa ini. Goa Jatijajar adalah gua alami yang melengkapi daftar gua di deretan pesisir selatan tanah jawa.
Goa Manawi. Nama gua ini mirip dengan yang menemukan Gua Jatijajar. Namun ternyata berbeda sekali baik namanya maupun tempatnya. Mungkin sampai kiyamat tidak akan ditemukan dimana letak dua ini. Nama Gua Manawi popular di mesin pencarian karena ternyata adalah salahs atu jenis judi yang terlarang.
Goa Gajah. Gua Gajah terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali. Meski namanya Gua Gajah, di lokasi ini sama sekali tak terdapat binatang gajah. Nama Gua Gajah dipilih karena di tempat ini banyak patung Dewa Ganesha. Patung berkepala gajah ini merupakan dewa pengetahuan umat Hindu. Dulunya mungkin dipakai oleh umat Budha karena terdaapt patung Buddha.
Itulah nama gua yang popular di mesin pencarian Google selama tahun 2012.

obyekwisataindonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar